Cara Membedakan Jantan Betina Kolibri Kelapa

Kolibri Kelapa  atau biasa orang mengenal dengan sebutan manggar atau wiceh. Saat dewasa burung jantan dan betina memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Burung jantan memiliki warna metalik di hampir seluruh tubuhnya mulai dari kepala hingga tunggir.

Sedangkan untuk betina berwarna hijau zaitun sampai abu-abu  tidak memiliki warna metalik. Ukuran tubuh kolibri manggar memang lebih besar daripada burung kolibri lain. Burung ini biasa hidup dan tinggal di desa maupun kota dengan mencari nektar di pohon kelapa.

Ketika masih anakan jantan dan betina memiliki bentuk fisik yang sama. Saat masih anakan bulu keduanya sama-sama berwarna hijau zaitun. Hampir susah untuk dibedakan jka kita sama sekali belum memiliki pengalaman dalam membedakan mana yang jantan dan mana yang betina.

Karena kita lebih cenderung suka merawat dari anakan daripada dewasa. Ketika merawat dari anakan burung cenderung lebih mudah jinak dan cepat bunyi. Berbeda dengan ketika kita mendapatkan yang sudah dewasa selain sulit jinak juga sulit bunyi.

Perlu pengalaman dalam membedakan burung ini ketika masih anakan. Sebenarnya ada perbedaan secara fisik antara jantan dan betina namun sangat susah di bedakan secara langsung. Perbedaan fisik tersebut harus diamati secara detail dan terbiasa.

Jika baru pertama kali mempraktikan pasti masih bingung. Namun kini anda tidak perlu khawatir karena disini nanti saya akan mengupas bagaimana membedakan jantan betina manggar ketika masih anakan. Berikut ini ciri fisik antara jantan dan betina.

Ciri-ciri Jantan anakan Kolibri Kelapa/Manggar :
– Bola mata berwarna merah.
– Lingkar mata tebal dan berwarna kuning.
– Kaki berwarna orange cerah.
– Bulu berwarna kuning cerah.

perbedaan kolibri kelapa
source : image facebook

Ciri-ciri Betina anakan Kolibri Kelapa/Manggar :
– Bola mata berwarna coklat.
– Lingkar mata berwarna putih pudar.
– Kaki berwarna orange pudar.
– Bulu kuning pudar.

kolibri kelapa jantan
source : image google

Perlu di ingat trik ini berlaku untuk manggar yang masih baru tangkapan dari alam atau manggar yang di rawat dari lolohan. Dengan catatan burung tersebut belum pudar warna kuningnya karena kebanyakan sogon jika dirawat lama bulu akan cenderung pudar berubah menjadi putih.