3 jenis snaping turtle dan perbedaannya

3 jenis snaping turtle dan perbedaannya

Apa kalian tahu 3 jenis snaping turtle dan perbedaannya? jika tidak maka kalian wajib baca artikel ini sampai akhir untuk dijdikan refrensi bagi kalian para penghobi kura-kura.

Dalam pembahasan kali ini kamia akan mengulas tentang apa itu snaping turtle, Darimana mereka berasal, ada beberapa jenisnya, dan bagaimana cara membedakannya.

Apa itu snaping turtle?

Snaping turtle tergolong dalam genus Chelydridae dengan ciri fisik karapas yang berbentuk seperti duri. Dengan tampilan wajah yang garang dan mulut seperti paruh burung untuk mencabik-cabik mangsanya.

Mereka mencari makan dengan cara membuka mulutnya untuk menyergap mangsa yang datang. Mereka termasuk jenis omnivora biasa memakan ikan-ikan kecil, udang, katak,buah yang hanyut dan daun tanaman air.
Meraka tergolong hewan berdarah dingin sehingga mereka bisa hidup ketika musim dingin.

Dari mana snaping turtle berasal?

Snaping turtle adalah kura-kura air tawar yang berasal dari negara Amerika, dan Kanada. Mereka tersebar di amerika utara, kanada tengah hingga di florida.

Di sadur dari Wikipedia mereka masih tergolong rentan punah di alam liar sendiri masih mudah untuk dijumpai. Namun belakangan ini perburuan di alam semakin banyak karena permintaan pasaran yang tinggi.

Bagaimana habitat asli snaping turtle?

Snaping turtle hidup didalam perairan dangkal seperti danau, sungai yang tenang, dan muara. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu di dalam air bahkan saat berjemur mereka mengambang didalam air.

Mereka naik ke daratan saat proses bertelur saja yaitu pada bulan juni-juli. Predetor utama mereka lebih pada telur dan saat masih anakan/tukik diantarnya burung gagak, rakun, elang, bangau, ikan besar, dan rubah.

Ada berapa jenis snaping turtle dan perbedaannya?

Ada beberapa jenis Snaping Turtle namun hamper sebagian besar mereka sudah punah. Ada 3 jenis yang masih hidup sampai sekarang dan paling banyak dipelihara. Diantaranya adalah Common Snaping Turtle (CST), Alligator Snaping Turtle (AST), dan Florida Snaping Turtle (FST).

Common Snaping Turtle (CST)

Memiliki Bahasa latin Chelydra Serpentine dengen ciri khas karapas yang bergerigi. Memiliki fisik yang berduri dan menyeramkan maka jenis CST banyak diminati para penghobi. Mereka dapat tumbuh sampai 20 cm dengan bobot lebih dari 15kg.

Di Indonesia jenis ini masih tergolong mahal karena jumlah peternak yang masih sedikit. Sedangkan di habitat aslinya sana hewan ini tergolong disebut hama oleh para pembudidaya ikan di danau.

 


Alligator Snaping Turtle (AST)

Memiliki Bahasa latin Macrochelys Temminckii, disebut alligator karena memiliki ciri fisik seperti buaya alligator dengan gerigi berbaris tiga pada karapasnya. Diantara ketiga jenis ini alligator yang memiliki bentuk fisik paling seram.

Maka tidak heran jika AST (alligator snaping turtle) paling banyak diminati untuk dipelihara di aquarium. Harganya pun juga lebih mahal dari CST karena bentuknya yang sangat menyeramkan.


 

Florida Snaping Turtle (FST)

Memiliki nama latin Chelydra Serpentina Osceola merupakan subspecies dari Common Snaping Turtle. Hanya saja Florida Snaping Turtle hanya hidup di daerah Florida Amerika saja sesuai dengan namanya.

Memiliki ciri fisik hampir sama dengan CST hanya sedikit saja yang membedakannya. Karena termasuk hewan yang endemic maka tidak heran jika FST termasuk langka dan meiliki harga yang sangat mahal.



Perbedaan AST, CST, dan FST.

Ada beberapa perbedaan antara CST, AST, dan FST yang perlu kalian ketahui. Baik dari segi anatomi, habitat dan Harga jualnya di pasaran.

Anatomi

Kura-kura CST memiliki persamaan dengan FST karena masih satu spesies yang memedakan diantara keduanya adalah kepala CST cenderung lebih bulat tidak terdapat duri pada leher sedangkan FST lebih lonjong dan terdapat duri pada leher.

Karapas CST sejajar lurus tiga baris dari depan sampai belakang sedangkan FST Dari depan hanya dua baris dan ditengah mulai tiga baris jadi membentuk bulatan ditengah.

Sedangkan AST terlihat lebih mencolok dengan karapas yang menonjol seperti duri yang mirip buaya alligator dengan duri yang banyak ditumbuhi baik dileher dan wajah.

Baca juga : Jenis Kura-kura Yang Banyak Dipelihara

Habitat

Kura CST bisa ditemukan juga hidup di Kanada, Pegunungan Rocky, dan Florida. Sedangkan AST bisa ditemukan di Amerika bagian utara. Sesuai dengan namanya FST hanya bisa ditemukan didaerah florida saja.

Itulah 3 jenis snaping turtle dan perbedaannya yang bisa kalihan ketahuti. Semoga artikel ini bisa memberikan refrensi kepada kalian untuk membedakan diantara ketiganya.

Jenis Kura-kura Yang Banyak Dipelihara

Jenis Kura-kura Yang Banyak Dipelihara

Kalian ingin tahu jenis Kura-kura yang banyak dipelihara oleh para penghobi reptile khususnya. Kali ini akan mimim bahas apa saja jenis kura-kura yang sering dipelihara.

Hewan ini termasuk jenis peliharaan yang mudah sekali perawatannya dan juga bisa buat mainan. Mereka juga termasuk jinak jika sudah lama dirawat.


 

Apa itu kura-kura?

Kura-kura adalah hewan jenis reptile berkaki empat yang memiliki cangkang berbentuk tempurung sebagai rumah untuk berlindung dari predator. Kura-kura dapat hidup berpuluh-puluh tahun dialam liar.

Selama ini kita mengetahui bahwa kura-kura hidup dan besar di air dengan cara berenang dan muncul dipermukaan untuk berjemur. Ternyata ada beberapa jenis kura-kura yang dapat dibedakan dari habitat mereka tinggal yaitu kura-kura darat, kura-kura semi darat dan kura-kura air.

Kura-kura termasuk jenis hewan dengan pergerakan yang lambat saat di daratan hal ini karena beban dari termpurungnya yang berat. Hewan ini saat dipelihara mudah sekali jinak dan susah untuk kabur ketika dipegang.

Kenapa kura-kura banyak dipelihara?

Kura-kura banyak diminati karena bentuknya yang lucu, memiliki pola warna yang bagus dan juga mudah jinak. Selain itu banyak mitos yang mengatakan bahwa kura-kura termasuk hewan yang membawa keberuntungan. Tak heran jika banyak sekali orang yang memeliharanya baik di kolam ataupun di aquarium.

Sebagai contoh kura-kura brazil (RES) saat kecil berwarna hijau sehingga terlihat lucu dan banyak anak-anak yang suka. Harga anakan kura-kura juga termasuk murah sehingga berkisar 25.000 sampai 30.000/ekornya.

Makanan kura-kura apa saja?

Kura-kura termasuk jenis hewan omnivora atau pemakan segalanya. Ketika dipelihara kita bias memberi makan kura-kura berupa sayur-sayuran, buah-buahan, serangga kecil, ikan kecil, udang, ati ayam, dan pellet.

Adapaun sayuran yang disukai diantaranya sawi putih, wortel, sawi sendok, kol, mentimun. Sedangkan buah-buahan yang bias diberikan seperti pepaya, pisang, tomat, belimbing, dan murbei.

Bagaimana cara perawatanya?

Perawatan kura-kura tergolong mudah sekali tergantung dari jenis kura-kura itu sendiri. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah kebersihan kandang, penjemuran dan makanan yang diberikan.

Dalam penjemuran bias dilakukan seminggu dua kali atau bias juga menggunkan lampu khusus untuk reptile yang banyak di temukan di marketplace.

Jenis apa saja yang sering dipelihara?

Ada beberapa jenis kura-kura yang sering dipelihara diantaranya adalah kura brazil/res (red ear slider), dada merah,ambon, moncong babi, Snaping Turtle, kura daun, kura matahari, indian star, leopard, sulcata, dan kura forsteni.

Kura-kura Brazil/Red Ear Slider (RES)

Kura-kura dengan nama latin Trachemys scripta elegans ini merupakan jenis kura-kura yang paling banyak dipelihara karena saat masih kecil warnanya lucu sekali.

Kura brazil termasuk kategori semi-aquatic dimana sering di darat dan juga di air. Meski semi-aquatic kura brazil tergolong perenang yang handal dan saat di alam liar sering berjemur di tepi-tepi sungai.

Saat dipelihara area yang dibutuhkan adalah 70% air dan 30% daratan untuk berjemur. Kura-kura brazil lebih suka di air daripada di daratan.


 

Kura-kura Dada Merah

Merupakan jenis kura-kura yang berasal dari Australia dan juga bisa ditemukan di Papua. Kura dada memiliki ciri tubuh kehitaman dengan dada berwarna kemerahan.

Dalam habitatnya lebih banyak didalam air daripada didaratan. Saat dipelihara sebaiknya jenis ini full didalam air.

Jika sudah besar kura dada merah bisa mencapai ukuran 30cm dan memiliki leher yang Panjang. Saat dipelihara di aquarium jangan lupa berikan tempat untuk berjemur seperti kayu atau tatakan (basking).


 

Kura-kura Ambon

Kura-kura ambon juga biasa di sebut kura batok karena bentuknya yang mirip batok kelapa. Meski namanya ambon jenis ini bisa ditemukan hampir diseluruh Indonesia termasuk dijawa.

Kura ambon termasuk semi-aquatic namun lebih senang tinggal didaratan daripada di dalam air. Saat dipelihara sebaiknya jangan berikan air yang terlalu banyak sebab mereka tidak pandai berenang.

Jenis ini tergolong sangat mudah dipelihara dan gampang jinak. Meski suka didarat kura ambon perlu air untuk makan. Mereka lebih lahap ketika makan didalam air dan airnya cuckup setengah dari tinggi tempurungnya.


 

Kura-kura Moncong Babi

Kura-kura dari jenis labi-labi yang termasuk hewan endemic dari papua ini termasuk jenis yang palin banyak dicari. Cangkangnya lunak dengan kaki mirip dayung ini termasuk kura-kura yang hidup di dalam air.

Tapi awas kura monbi termasuk jenis yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Sebaiknya tidak memelihara jenis ini agar tidak punah, dan jika masih terpaksa belilah dari peternak.


 

Kura-kura Snaping Turtle

Snaping turtle merupakan jenis kura-kura yang hidup full didalam air. Mereka memiliki rahan yang kuat sehingga saat dipelihara kita harus berhati-hati jangan sampai tergigit.

Ada dua jenis yang sering di pelihara yaitu Aligator Snaping Turtle (AST) dan Common Snaping Turtle (CST). Mereka menyukai ikan-ikan kecil saat dipelihara jangan lupa berikan udang atau ikan kecil yang hidup sebagai makanan harian bisa juga diberikan pellet.


 

Kura-kura Daun

Kura-kura daun memiliki bentuk bulat dan berwarna coklat seperti daun yang kering. Kura daun termasuk jenis yang masih mudah dicari seperti kura ambon.

Kura daun banyak sekali ditemukan di Indonesia dipulau jawa sendiri masih bisa kita temukan di daerah hutan dekat dengan sungai sampai pesisir dekat air payau. Mereka biasa mencari keong atau kepiting sebagai makanan mereka.


 

Kura-kura Indian Star

Sesuai dengan namanya kura-kura jenis Indian Star berasal dari daerah India dan Srilanka. Dari bentuk fisik memiliki ciri khas pada karapas terdapat motif seperti bintang.

Mereka tergolon jenis kura darat dan bisa hidup tanpa adanya air. Dalam perawatan tempatkan didaerah kering jangan terlalu lembab bahkan jangan ditaruh didalam kolam, bisa-bisa mereka sakit.



 

Kura-kura Sulcata

Berasal dari Afrika tentu saja kita sudah tahu bahwa hewan yang satu ini merupakan jenis kura darat. Mereka biasa hidup didaerah yang kekurangan air dan mereka biasa memakan Bunga dan kaktus liar di alam.

Selama dirawat kura-kura sulcata perlu perawatan yang khusus seperti kura Indian star. Mereka tidak boleh direndam di air terlalu lama dan butuh sinar matahari setiap hari.

Kura sulcata bisa tumbuh mencapai 80cm dan hidup berpuluh-puluh tahun lamanya. Bahkan bisa tumbuh besar sampai 100kg beratnya.

 

Kura-kura Forsteni

Yang terakhir kita bahas adalah kura jenis forsteni yang berasal dari Indonesia. Memiliki ciri fisik berwarna kuning gading dan termasuk jenis kura darat.

Mereka biasa tinggal dihutan yang lembab dekat dengan perairan. Hewan ini termasuk endemic dari pulau Sulawesi.

Oleh karena itu mereka termasuk jenis kura yang dilindungi oleh pemerintah. Meski banyak yang diperdagangkan sebaiknya kita harus hati-hati. Dan alangkah baiknya jika memelihara yang hasil dari peternak.

 



Itulah beberapa jenis kura-kura yang banyak dipelihara oleh para penghobi kura-kura. Sebenarnya masih ada banyak jenis lain yang tidak dibahas seperti Aldabra, Galapagos, Leopard, Kura Pipi Putih, Kura Mata-mata Peru,dan lain-lain.

Perbedaan Kenari Lokal AF dan F1 Yorkshire

Perbedaan Kenari Lokal AF dan F1 Yorkshire

Perbedaan Kenari Lokal AF dan F1 Yorkshire, Burung kenari adalah jenis burung pemakan biji-bijian yang berasal dari pulau-pulau makronesia seperti pulau Canari, Azores, Madeira, dan sekitarnya. Burung kenari banyak diminati karena kicauanya yang sangat merdu dengan tipikal cengkok dan rol panjang.

Perbedaan kenari lokal af f1 dan yorkshire
source : youtube

Selain itu burung kenari termasuk mudah untuk di pelihara sebagai kicauan di rumah atau di tangkarkan. Perawatannya juga realtif sangat mudah dan pakanya juga mudah didapatkan karena kenari termasuk pemakan biji-bijian.

Burung kenari sendiri memiliki beberapa jenis yang biasa kita jumpai di Indonesia. Diantaranya adalah Kenari jenis Lokal, Lokal Super (loper), AF, F1, F2, F3,dan Yorkshire (YS). Sebagian besar yang beredar dipasaran adalah jenis Lokal, Loper, AF.

Perbedaan Kenari Lokal, AF, F1, dan YS

Kenari Lokal adalah jenis burung kenari yang paling mudah kita temui dipasaran. Burung ini dapat kita lihat dari segi ukuran yang relatif berukuran kecil sebesar burung Gelatik Jawa. Burung kenari lokal merupakan persilangan antara kenari lokal vs lokal. Dari segi harga kenari lokal paling murah diantarajenis kenari yang lain. Untuk burung yang sudah gacor sekitar 150-200 ribuan.

lokal vs Lokal

Kenari Lokal Super (Loper) sebenarnya kenari jenis ini masuk dalam kategori lokal hanya saja ukuran tubuhnya lebih besar daripada lokal biasa. Kenari loper dapat dihasilkan dari Kenari jenis AF vs Lokal, atau AF vs AF. Harganya pun juga realtif lebih mahal daripada lokal biasa kisaran 200-300 ribuan.

af vs Lokal atau AF vs AF

Kenari AF memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan memiliki postur yang bagus daripada jenis lokal. Jenis ini didapatakan dari silangan antara F1 vs Lokal. Dengan harga yang sudah gacor di kisaran 300-500 ribuan.

F1 vs Lokal

Kenari Afs (AF super) yang membedakan dengan AF hanya memiliki postur tubuh yang lebih besar dari pada AF. Biasanya didapatkan dari silangan antara F1 vs F1 dan sudah terlihat seperti burung impor. Kisaran harganya sekitar 500-800 ribuan saat burung sudah gacor.

F1 vs F1

Kenari Filial (F1, F2, F3) jenis ini merupakan anakan dari jenis kenari import seperti Yorkshire. Ukuran tubuhnya juga seperti burung yorkshire. Jenis ini hasil dari persilangan Yorkshire dengan kenari jenis lokal.Harganya sudah lumayan mahal dikisaran 800-1,2 jutaan

Yorkshire vs Lokalan (Lokal,AF)

Kenari Yorkshire merupakan kenari jenis import yang biasa kita dapatkan dari luar negeri. Tentunya postur tubuh kenari Yorkshire jauh lebih besar daripada jenis-jenis diatas. Dan harganya pun relatif lebih mahal di kisaran 3 juta keatas.

Yorkshire vs Yorkshire

Kelebihan dan Kekurangan kenari jenis lokal, AF, F1, dan YS

Kelebihan Lokal dan AF :

Kenari jenis lokal, dan AF relatif lebih terjangkau dibandingkan jenis F1 atau Yorkshire. Permintaan pasar juga masih banyak karena harga beli yang termasuk murah.

Bagi kita para penangkar kecil kedua jenis diatas adalah solusi untuk menghasilkan jenis kenari yang bagus dengan modal yang terjangkau. Sehingga kita tidak perlu mengeluarkan modal besar dan resiko yang tinggi.

baca juga : Download mp3 Suara Kenari Cengkok Mewah Durasi Panjang

Kekurangan Lokal dan AF :

Kenari lokal dan AF memiliki postur yang kecil dan kurang bagus serta harga jual yang murah sehingga laba yang didapat juga lebih sedikit.

Kelebihan Kenari jenis F1 dan YS

Harga jual yang mahal sehingga laba yang didapatkan juga realtif lebih banyak. Postur tubuh dan cengkok suara yang bagus sangat cocok dijadikan burung lomba atau hiasan dirumah.

Kekurangan kenari F1 dan YS

Harga beli yang mahal sehingga butuh modal besar untuk menangkarkannya. Peminatnya kalangan tertentu sehingga tidak semua orang kuat untuk membeli.

Mungkin itu sedikit informasi tentang perbedaan kenari lokal, dan AF atau jenis lainnya. Semoga bisa diahami dengan baik jika ada pertanyaan silahkan klik di kolom komentar.

Cara Cepat Membuahkan Alpukat

Cara Cepat Membuahkan Alpukat

Cara Cepat Membuahkan Alpukat merupakan bahasan kita kali ini. Perlu kita tahu Alpukat adalah buah yang kaya akan nutrisi dan sering digunakan dalam berbagai resep makanan maupun minuman.

Di Indonesia sendiri buah alpukat menjadi primadona bagi para masyarakat pada umumnya. Bahkan kebutuhan masyarakat dengan jumlah produksi alpukat dinegara kita masih sangat kurang.

Maka dari itu peluang untuk budidaya alpukat sebagai usaha dalam bidang perkebunanan masih tinggi sekali. Namun, bagi tukang kebun atau petani, membuahkan alpukat bisa menjadi hal yang menantang dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca juga : Perawatan Tanaman Anggrek Wajib Memperhatikan 5 Syarat Ini!

Terutama jika kita tanaman yang dibesarkan dari biji maka perlu di butuhkan beberapa tahun agar tanaman buah alpukat dapat berbuah. Berbeda dengan tanaman yang dibesarkan dengan cara cangkok atau sambung batang yang mana hanya dua tahun sejak penananam sudah bisa berbuah.

Berikut ini adalah beberapa cara cepat untuk membuahkan alpukat:

Pemangkasan

Pemangkasan adalah salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan pertumbuhan buah alpukat. Pemangkasan harus dilakukan pada saat yang tepat – yakni pada musim semi atau musim gugur – setelah pembungaan dan sebelum terlalu banyak buah yang mulai berkembang. Memangkas bagian yang tidak perlu dapat merangsang tanaman untuk fokus pada pertumbuhan buah.

Pemupukan

Pemupukan adalah elemen penting yang berperan dalam menghasilkan buah alpukat yang sehat. Pemupukan harus dilakukan pada saat yang tepat, yaitu pada saat pertumbuhan aktif. Anda bisa menggunakan pupuk organik atau pupuk kimia, tergantung pada preferensi serta kondisi tanaman.

Irigasi

Tanaman alpukat membutuhkan banyak air untuk menghasilkan buah yang berkualitas. Pastikan tanaman mendapatkan air secara teratur, terutama saat musim kering dan panas. Jangan terlalu sering menyiram tanaman karena dapat membuat tanah terlalu lembab dan akar alpukat membutuhkan aerasi udara.

Penyiangan

Penyiangan tanaman alpukat adalah salah satu cara membersihkan area tanaman dari gulma atau tanaman liar lainnya yang dapat mengambil nutrisi dari tanaman alpukat. Pastikan tidak ada tanaman lain yang tumbuh dekat dengan tanaman alpukat yang dapat mengurangi pertumbuhan tanaman dan susah untuk dibersihkan kemudian di mata tanaman alpukat sudah besar.

Pemangkasan dan Pruning Lanjutan

Selama masa pertumbuhan buah, pemangkasan lanjutan dapat membantu mempromosikan pertumbuhan buah yang lebih besar dan sehat. Setelah buah muncul, pastikan menghapus cabang-cabang tanaman yang mati atau tidak membantu pertumbuhan buah.

cara cepat membuahkan alpukat
source : image google

 

Memangkas dan memupuk secara teratur, memastikan tanaman memperoleh air dan nutrisi yang cukup, dan menjaga area tanaman tetap bersih dari gulma adalah beberapa cara cepat untuk membuahkan alpukat. Dengan melakukan ini, Anda dapat memperoleh buah alpukat yang berkualitas tinggi dan meningkatkan hasil panen untuk dijual atau dikonsumsi.

Kami menyarankan jika ingin tanaman cepat berbuah pilihlah bibit dari cangkokan atau sambung batang. Karena untuk tanaman alpukat dari biji biasanya membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama.

Mungkin itu cara cepat membuahkan alpukat dengan mudah yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kalian semua yang ingin menanam tanaman alpukat.

Murai Batu Gacor Adalah Burung Yang Sering Diminati Para Pecinta Burung
Kicau

Murai Batu Gacor Adalah Burung Yang Sering Diminati Para Pecinta Burung Kicau

Murai Batu Gacor Adalah Burung Yang Sering Diminati Para Pecinta Burung Kicau

Murai Batu adalah salah satu burung kicau yang sangat terkenal di Indonesia. Burung ini termasuk jenis burung pengicau yang sangat pintar dan memiliki suara kicauan yang merdu. Burung ini terkenal sebagai burung yang sangat rajin berkicau dan sangat gacor saat dilatih dengan baik.

Murai Batu Gacor Adalah Burung Yang Sering Diminati Para Pecinta Burung Kicau
source : google

 

Apabila Anda memiliki Murai Batu yang gacor, maka ini akan menjadi sesuatu yang sangat berarti bagi Anda, karena burung ini akan selalu membuat suasana di lingkungan sekitar menjadi lebih hidup dan meriah dengan suara kicauannya.

Salah satu cara untuk melatih Murai Batu agar gacor adalah dengan memberikannya makanan yang baik dan bergizi. Selain itu, Anda juga harus memberikan perawatan yang baik dan cukup kepada burung ini. Hal ini tentunya akan berdampak pada tumbuh kembang burung, termasuk suara kicauannya.

Murai Batu yang gacor biasanya memiliki suara kicauan yang panjang dan merdu, dengan intonasi yang sempurna. Burung ini juga cenderung memiliki suara kicauan yang unik dan berbeda dengan burung lainnya.

Untuk membantu memaksimalkan suara kicauan Murai Batu, Anda dapat memberikannya latihan rutin dan selalu memperhatikan kondisi burung secara keseluruhan. Pastikan burung anda sehat, bebas dari stres, dan prima, termasuk mental dan fisik. Anda juga dapat memberikan perawatan bulu yang baik pada burung ini, dengan memperhatikan kebersihan bulu dan menghindari bulu-bulu yang rusak dengan cara rutin memandikan burung.

Baca juga : Cara Mengatasi Kacer Nyiblek Dan Ketahui Penyebabnya

Apabila Anda ingin membeli Murai Batu yang gacor, pastikan untuk membeli dari toko yang terpercaya dan sudah terkenal dalam bisnis penjualan burung kicau. Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa kesehatan dan suara kicauan burung sebelum membeli.

Demikian informasi mengenai Murai Batu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pecinta burung kicau di Indonesia. Jangan lupa untuk selalu memberikan perawatan terbaik kepada burung peliharaan Anda agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Perawatan Kolibri Kelapa Agar Cepat Gacor Berikan 5 Makanan Ini

Perawatan Kolibri Kelapa Agar Cepat Gacor Berikan 5 Makanan Ini

Dalam Perawatan Kolibri kelapa agar cepat gacor bukanlah suatu perkara yang mudah. Anda mesti memikirkan bagaimana cara merawat dan memberinya makan. Karena mencari makanan pengganti nektar bisa dibilang susah-susah gampang. Tidak semua burung memiliki selera makan yang sama.

Anda perlu memutar otak untuk mencari makanan pengganti nektar yang sekiranya disukai oleh Kolibri. Sebenarnya mencarinya tidaklah sesulit yang Anda kira. Bahkan makanannya Anda jumpai setiap hari. Daripada penasaran mendingan baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

perawatan Kolibri kelapa agar cepat gacor
source : image google

5 Makanan Burung Kolibri Kelapa Agar Cepat Gacor

Burung Kolibri adalah hewan yang suka mengonsumsi makanan manis. Di alam liar saja kebanyakan spesies ini sering menghisap nektar sebagai sumber pangan utamanya. Pasti saat memeliharanya para pencinta burung akan berpikir keras tentang makanan manis apa yang cocok dikonsumsi oleh burung tersebut.

Seperti yang Anda ketahui, meski tubuhnya terlihat kecil tetapi pergerakannya begitu aktif dan membutuhkan makanan dalam jumlah banyak. Makanan pengganti nektar yang bisa Anda berikan adalah telur kroto, buah pisang dan pepaya, madu, air gula, dan voer. Kelimanya mempunyai kandungan nutrisi yang baik. Makanan tersebut sangat pas untuk semua burung kolibri. Tak terkecuali jenis kelapa.

Telur Kroto

Siapa menyangka ternyata burung Kolibri dapat mengeluarkan suara merdu jikalau Anda memberinya telur kroto. Sebab di dalam makanan tersebut kandungan nutrisinya sangat banyak. Jadi Anda jangan heran jika sehabis memakannya burung Kolibri akan mulai berkicau setiap saat.

Hal ini bukan lagi rahasia umum, bahwasanya telur kroto merupakan makanan favorit semua burung kicau. Termasuk spesies Kolibri. Khasiatnya akan jauh lebih terasa jika Anda memberinya makan secara rutin. Tentunya dengan takaran yang tepat. Setidaknya dalam seminggu cukup berikan 3 sampai 4 kali.

Baca juga : Racikan Nektar Untuk Kolibri Agar Rajin Bunyi Resep Dari Om Efunk Finch

Buah Pepaya dan Pisang

Menurut para ilmuwan, burung Kolibri kelapa di alam liar menyukai makanan nabati. Semisal seperti rambutan. Namun jika di rumah Anda tidak tersedia buah tersebut, berikan saja pepaya atau pisang. Kandungan protein dan mineral di dalamnya mampu menjaga kondisi burung Kolibri tetap sehat.

Sayangnya sebagian burung Kolibri kelapa tidak suka mengonsumsi kedua jenis buah ini. Alasannya karena karakteristik masing-masing burung tidaklah sama. Sebagai alternatif lebih baik Anda berikan makanan lainnya. Semisal madu.

Madu

Perawatan Kolibri kelapa agar cepat gacor adalah dengan memberinya makanan manis seperti madu. Kandungan gizinya mampu meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dan kebal terhadap serangan berbagai macam penyakit. Tetapi sebaiknya jangan diberikan terlalu sering. Sebab nanti bulu kolibri bisa rontok secara perlahan dikarenakan hawanya yang panas.

Air Gula

Selain madu, rasa manis nektar dapat Anda temukan di dalam gula. Namun di sini Anda tidak langsung memberinya dalam bentuk aslinya. Melainkan harus dimasak terlebih dahulu agar menjadi air gula. Jangan menggunakan gula merah atau aren, namun gunakan gula pasir.

Voer

Walaupun di alam liar burung Kolibri kelapa tidak mengonsumsi voer. Tetapi cobalah untuk melatihnya agar menyukai makanan ini. Dibandingkan keempat pangan sebelumnya, kandungan gizi voer lebih kompleks. Di antaranya ada karbohidrat, protein, dan mineral.

Merek makanan voer yang paling banyak direkomendasikan adalah leopard. Selain harganya yang terjangkau, Anda juga tidak akan kesulitan mencarinya. Karena sekarang sudah tersedia di toko offline maupun online.

Apabila Anda merasa pemberian telur kroto, madu, air gula, pisang dan pepaya terlalu sulit. Cara terbaik dalam perawatan Kolibri kelapa agar cepat gacor dengan memberinya makanan voer. Anda hanya perlu membelinya lalu tinggal berikan ke burungnya langsung. Selamat mencoba.

Cara Merawat Tanaman Aquascape Agar Tidak Mati Atau Rusak

Cara Merawat Tanaman Aquascape Agar Tidak Mati Atau Rusak

Cara Merawat Tanaman Aquascape Agar Tidak Mati Atau Rusak- Hallo sahabat pecinta aquascape, selamat dating dilaman kami. Seperti yang sudah sahabat ketahui bahwa merawat tanaman aquascape itu bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampang jika sahabat tahu bagaimana cara merawatnya, dan susah jika sahabat belum tahu bagaimana cara merawatnya.

 

Cara merawat tanaman aquascape agar tidak mati atau rusak sebenarnya cukup mudah di lakukan. Karena pada umumnya hanya ada 5 tips cara merawat tanaman aqua scape. Mau tahu bagaimana cara merawat tanaman aqua scape tersebut? Silahkan baca artikel ini sampai selesai ya! Cek this out.

 

Mengenal Jenis Tanaman Aquascape  Dan Cara Perawatannya

 

Sebenarnya tanaman aquascape memiliki banyak sekali jenisnya, namun di artikel ini kami hanya akan membahas beberapa jenis saja yang menurut kami paling popular atau paling sering digunakan untuk membuat aquascape. Berikut beberapa jenis tanaman air yang paling popular tersebut:

 

  1. Java Moss
  2. Hemianthus callitrichoides
  3. Hygrophila difformis
  4. Lilaeopsis
  5. Echinodorus tenellus
  6. Marsilea minuta
  7. Eleocharis parvula
  8. Dwarf Sagittaria
  9. Amazon Sword 
  10. African Water Fern 
  11. Java Fern 
  12. Green Tiger Lotus 
  13. Anubias Nana 
  14. Cryptocoryne beckettii

Baca juga : 5 Tanaman Aquascape Tanpa CO2 Yang Paling Mudah Dirawat

Dari semua jenis tanaman air tersebut, ada yang cocok di jadikan Foreground (Tanaman yang ditanam di bagian depan akuarium), ada yang cocok di jadikan Midground (Tanaman yang ditanam di bagian tengah akuarium), dan ada pula tanaman yang cocok dijadikan Background (Tanaman yang ditanam di bagian belakang akuarium).  Lalu bagaimana cara merawatnya? Berikut penjelasan mengenai ke 14 jenis tanaman tersebut dan bagaimana cara merawatnya yang paling mudah:

 

Java Moss

Java moss tidak hanya mempercantik pemandangan aquascape tetapi juga berfungsi sebagai habitat bayi ikan. Java moss mudah dirawat dalam berbagai cahaya dan suhu, sehingga ideal untuk pemula. Java moss beradaptasi dengan semua jenis cahaya dengan suhu air antara 21 dan 32 derajat Celcius.

Java Moss tanaman aquascape tanpa co2
source : image facebook

 

Hemianthus callitrichoides

Umumnya dikenal sebagai Dwarf Baby Tears. Tanaman ini dapat tumbuh subur dan memenuhi dasar akuarium, sehingga bisa terlihat seperti karpet. Tanaman air ini tumbuh ke arah datangnya cahaya, sehingga tumbuhan air ini membutuhkan banyak cahaya. Suhu air yang ideal untuk tanaman ini adalah sekitar 22-23 derajat Celcius.

Hemianthus callitrichoides
source : image google

 

Hygrophila difformis

Hygropyra juga disebut sebagai water wisteria. Tanaman yang tumbuh layaknya karpet ini dapat tumbuh cepat dan memenuhi lantai akuarium. Dibutuhkan cahaya sedang dan suhu air sekitar 23-28 derajat Celcius untuk membuat tanaman ini tumbuh sempurna.

Hygrophila difformis
Hygrophila difformis

 

Lilaeopsis

Tumbuhan air ini berbentuk seperti rumput yang panjangnya mencapai 5 cm dan berfungsi sebagai tempat persembunyian bayi ikan. Suhu air yang diinginkan tanaman ini sekitar 23-29 derajat Celcius dengan cahaya normal atau sedang.

Cara Merawat Tanaman Aquascape Lilaeopsis
Lilaeopsis

 

Echinodorus tenellus

Tanaman air yang mudah dirawat dan direkomendasikan untuk pemula. Tanaman ini tumbuh paling baik di bawah sinar matahari penuh atau dibawah sinar terang. Pemberian CO2 membuat pertumbuhan tanaman ini optimal. Suhu air yang ideal untuk tanaman ini adalah sekitar 22-23 derajat Celcius

Echinodorus tenellus
Echinodorus tenellus

 

Marsilea minuta

Tumbuhan ini termasuk dalam famili pakis dan sering disebut semanggi air. Tanaman ini sangat ideal untuk pemula karena mudah dirawat dan tumbuh dengan cepat. Tanaman ini membutuhkan banyak cahaya dan dengan suhu air 22-24 derajat Celcius.

marsilea minuta
marsilea minuta

 

Eleocharis parvula

Tanaman ini biasa disebut dengan hairgrass. Banyak aquascaper membudidayakan tumbuhan ini karena tumbuh dengan cepat, tumbuh dengan lebat dan terlihat indah di dalam aquarium. Eleochallis parvula sangat mudah dirawat, sehingga sangat ideal untuk pemula. Tanaman ini membutuhkan banyak cahaya dan tumbuh baik dengan suhu air 22-28 derajat Celcius.

Eleocharis parvula
Eleocharis parvula

 

Dwarf Sagittaria

Tanaman ini juga sangat sangat mudah dirawat dari segi cahaya dan kualitas air. Tanaman ini dapat tumbuh di berbagai jenis cahaya. Tanaman ini membutuhkan suhu air sekitar 22-28 derajat Celcius dan pH 6,5-7,5. Disarankan untuk meningkatkan pasokan CO2 untuk pertumbuhan tanaman yang optimal.

Dwarf Sagittaria
Dwarf Sagittaria

 

Amazon Sword 

Amazon Sword adalah tanaman air berbentuk pedang dengan panjang hingga 50 cm. Tanaman amazon sword yang bagus harus memiliki daun hijau yang panjang, tidak berlubang, dan tidak berbintik coklat. Suhu terbaik untuk tanaman ini adalah 22-28 derajat Celcius, dengan cahaya terang.

amazon sword
source : image google

 

African Water Fern

Tanaman ini memiliki nama latin Borbitis. Tanaman air ini mudah dirawat dan tumbuh secara alami saat suhu cukup hangat. Untuk pertumbuhan maksimal, gunakan pupuk cair dan infus CO2 seminggu sekali. Cahaya yang redup sangat ideal untuk tanaman ini, dan suhu air ideal untuk tanaman ini adalah 20-26 derajat Celcius.

african water fern
african water fern

 

Java Fern

Nama latin tanaman ini adalah Microsorum pteropus. Tanaman air ini sangat mudah dirawat, selain itu tanaman ini juga banyak dijumpai di took ikan hias. Cahaya yang redup dengan suhu air 20-28 derajat Celcius serta PH 6-8 membuat tanaman ini tumbuh dengan baik.

Java Fern
source : image google

 

Green Tiger Lotus

Tanaman air yang berasal dari Afrika ini memiliki daun hijau yang lebar dengan corak ungu gelap. Tanaman ini cantik ini dapat memperindah view aquascape anda. Cahaya yang terang dan suhu air sekitar 22-28 derajat Celcius adalah suatu kewajiban untuk tanaman ini. pH air sekitar 5-8 sangat kami sarankan saat anda menanam tanaman ini.

Cara Merawat Tanaman Aquascape Green Tiger Lotus
Green Tiger Lotus

 

Anubias Nana

Tanaman ini memiliki daun hijau tua yang indah yang tumbuh hingga 8 inci. Bentuk daun tanaman ini biasanya lonjong, dengan garis diagonal dari tengah daun hingga ujung daun. Tanaman ini hidup baik pada cahaya yang terang dan pada suhu 22 – 28 derajat celcius dengan PH 6 – 7,5. 

Cara Merawat Tanaman Aquascape anubias nana
anubias nana

 

Cryptocoryne beckettii

Cryptocoryne bechetti memiliki daun berwarna hijau-coklat. Bentuk daun tanaman ini panjang, runcing, bergelombang. Dapat tumbuh di tempat yang gelap maupun terang. Tanaman ini tumbuh paling baik pada suhu 20-30 derajat Celcius.

Cara Merawat Tanaman Aquascape Cryptocoryne beckettii
Cryptocoryne beckettii

 

Tips Terbaik Merawat Tanaman Aquascape

 

  1. Lakukan pemberian nutrisi untuk tanaman aquascape seperti pemberian pupuk cair seminggu sekali
  2. Lakukan perawatan secara rutin, seperti trimming, mencabut tanaman liar, dan  membersihkan jamur.
  3. Perhatikan kondisi air dalam keadaan baik, akukan pengurasan air maksimal seminggu sekali agar akuarium tidak keruh dan penuh dengan kotoran. 
  4. Pastikan aquascape mendapatkan pencahayaan secara cukup karena tanaman air juga membutuhkan cahaya untuk fotosintesis.
  5. Bersihkan akuarium secara berkala dari lumut dan kotoran tiap satu minggu sekali bersamaan dengan mengganti air.
  6. Berikan tabung CO2, karena tanaman air juga memerlukan CO2 untuk melakukan fotosintesis.

 

Itulah cara merawat tanaman aquascape agar tidak mati atau rusak yang bisa sahabat lakukan secara mandiri. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat pecinta aquascape semuanya. Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel kami yang lainnya.